Aplikasi Gratis Bikin Kinerja Menipis



CALIFORNIA – Kebanyakan pengguna smartphone saat ini lebih memilih mengunduh aplikasi gratis ketimbang berbayar. Namun menurut penelitian, menginstall aplikasi gratis akan menguras kinerja smartphone lebih besar.

Peneliti asal Institute of Technology (RIT), and Queen's University di Canada, William Halfond, meminta pengguna ponsel pintar untuk memperhitungkan konsumsi data, baterai, dan memori internal yang dihabiskan oleh aplikasi gratis. Iklan yang kerap kali muncul saat menggunakan aplikasi ‘free’ ternyata menguras baterai smartphone lebih cepat.

“Hal tersebut dikarenakan iklan mobile yang terdapat di aplikasi gratis berjalan lebih lambat ketimbang iklan mobile biasa sehingga akan menyedot lebih banyak konsumsi data,” ujar Halfond seperti dilansir laman Big Think, Selasa (21/4/2015).

Untuk menentukan banyaknya konsumsi data yang terkuras, Halfond dan rekan-rekannya pun melakukan riset lebih lanjut. Riset tersebut dilakukan dengan membandingkan aplikasi yang bebas iklan dan aplikasi yang disertai iklan untuk melihat seberapa besar dampaknya untuk baterai dan performa smartphone.

hasil riset tersebut menunjukkan aplikasi yang menyematkan iklan di dalamnya menelan rataiklanfind the info you need. it's quick, easy and free.iklan.comclick herexad by safeweb-rata 16 persen-33 persen energi lebih banyak. peningkatan penggunaan memori tersebut mengakibatkan baterai akan habis lebih cepat dan menurunkan harapan hidup baterai dari yang tadinya 2,5 jam menjadi 2,1 jam, bahkan hingga hanya 1,7 jam.

ak heran harapan hidup baterai menurun drastis, itu disebabkan karena iklan dalam aplikasi menelan rata-rata 48 persen kinerja CPU ponsel.

Sedangkan untuk data, riset tersebut juga mengungkapkan aplikasi yang dilengkapi dengan iklan menelan setidaknya 79 persen jaringan data lebih banyak dari aplikasi tanpa iklan. Di sisi lain, sebuah iklan dalam aplikasi gratis bisa mengarah ke situs web berbahaya yang mengandung malware dan memiliki virus yang melekat di dalamnya.

(okezone)

Komentar

Postingan Populer