Penyebar Virus Ganas untuk iOS Ditangkap (CNN Indonesia)

, CNN Indonesia
Penyebar Virus Ganas untuk iOS DitangkapPenyebar Wirelurker, virus ganas untuk iOS, telah ditangkap oleh pihak berwajib di Tiongkok (Ilustrasi/Getty Image) 
 
 Jakarta, CNN Indonesia -- Kurang dari tiga minggu setelah pertama kali ditemukan, malware Wirelurker yang menginfeksi iOS telah menyebabkan tiga penangkapan di Tiongkok.

Biro Keamanan Publik di Beijing mengumumkan penangkapan tiga tersangka yang dituduh berperan dalam menyebarkan malware Wirelurker. Ketiga tersangka itu bernama Chen, Lee dan Wang dan kini berada dalam tahanan pihak berwenang di Tiongkok.

Menurut Biro Keamanan Publik melalui akun resminya dalam Sina Weibo, layanan microblogging di Tiongkok, ketiga tersangka ini menyebarkan malware melalui toko aplikasi pihak ketiga.

Kini ketiga tersangka akan menghadapi pengadilan, dan situs toko aplikasi pihak ketiga tersebut telah ditutup oleh pemerintah Tiongkok.

Wirelurker pertama kali muncul pada awal bulan ini dan menyerang perangkat iOS. Program jahat ini dirancang untuk mencuri informasi data pengguna bahkan menyebabkan kerusakan pada sistem perangkat yang terinfeksi.

Perusahaan kemanan siber, Palo Alto Network mengatakan, malware Wirelurker memang banyak tersebar d Tiongkok dan telah menginfeksi lebih dari 400 aplikasi yang dirancang untuk perangkat Apple melalui toko aplikasi pihak ketiga.

"Kami menyadari peranti lunak berbahaya yang tersedia dari situs lain ditujukan pada pengguna di Tiongkok, dan kami telah memblokir aplikasi yang diidentifikasi terinfeksi untuk mencegah mereka," kata Apple dikutip dari Reuters.

Begitu menginfeksi, program jahat tersebut dapat mengakses daftar kontak, membaca pesan teks iMessage dan secara konstan mengirim informasi pada server peretas.


(eno) 
 



http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20141118115600-185-12209/penyebar-virus-ganas-untuk-ios-ditangkap


Komentar

Postingan Populer